Kamis, 04 November 2010

Mitos kehamilan pada suku Jawa

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan budaya dimana beragam suku dan berbagai budaya ada dalam Indonesia, itulah sebabnya semboyan Negara kita adalah “Bhinneka Tunggal Ika”. Berbedanya kebudayaan ini menyebabkan banyaknya mitos mengenai masa kehamilan, persalinan dan nifas. Mitos-mitos yang lahir dimasyarakat ini kebenarannya kadang tidak masuk akal dan bahkan dapat berbahaya bagi ibu dan bayi. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kehamilan, masa persalinan dan nifas. Mitos-mitos jawa dibawah ini akan membahas mengenai awal kehamilan sampai dengan pada sang bayi kecil sudah lahir.
 Dibawah ini beberapa contoh mitos-mitos yang terdapat pada suku Jawa :
  1. Upacara-upacara Kehamilan di Suku Jawa
Suku bangsa Jawa mengenal upacara sehubungan dengan kehamilan yang tidak hanya didasari kepercayaan rakyat asli, melainkan sudah dipengaruhi sistem budaya Hindu, sehingga upacara ritualnyapun hasil campuran budaya Jawa dan Hindu.
Dalam menghadapi kelahiran, keluarga sudah memulai keadaan prihatin sejak bulan pertama masa kandungan, yang kadang-kadang diikuti dengan selamatan sederhana. Selamatan ini dimulai sejak bulan pertama sampai bulan ke sembilan bahkan sampai bulan kesepuluh apabila ada kehamilan mencapai sepuluh bulan
.
o       Pada bulan pertama, Acara ini disebut ngabor-abori keluarga Jawa akan membuat selamatan sederhana yang maksudnya selamatan sederhana untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan bagi calon ibu dan calon bayi yang akan lahir. Pada acara ini dibuatlah :
1.  Jenang abor-abor atau bubur sumsum dari tepung beras dan dimasak dengan santan dan diberi rasa asindan di makan bersama santan kental dan Juruh (air gula merah).

o       Pada bulan kedua dan ketiga, dibuatlah:
1.  Sega janganan, yaitu nasi tumpeng (bentuk gunung) yang dilingkari beberapa macam sayuran yang jumlah macamnya harus dalam bilangan ganjil.
2.  Macam jenang (bubur) beras, yaitu jenang putih, jenang abang (bubur merah yang dibuat dari gula kelapa), jenang abang putih (jenang merah dibubuhi jenang putih) dan jenang baro-baru ( bubur katul dibubuhigula jawa).
3.   Pipis kenthel, yaitu tepung beras dengan santan dan garam yang dibungkus daun pisang dan dikukus, jajanan pasar dan kembang boreh, yaitu bungan khusus untuk selamatan.

o       Pada bulan keempat, dibuatlah:
1. Nasi punar (sega punar) yaitu nasi udul kuning yang diberi rasa asam.
2. Seekor kerbau ( Kebo siji), yang dilambangkan melalui danging
3. Segala macam jeroan
4. Sebutir mata dan sambal goreng.

o       Pada bulan kelima dibuatlah
1. Sega Janganan yang sama dengan bulan kedua dan ketiga
2. Uler-uleran yang terbuat dari tepung beras berbentuk ulat yang diberi          pewarna warna merah, kuning, hitam dsb
3. Berbagai macam kentan dengan berbagai macam warna
4. Enten-enten, yaitu makanan dari kentan yang manis rasanya.
Pada bulan kelima ini para keluarga akan dikirimi makan dari calon ibu dan ayah yang terdiri atas sega wajar dan punar, daging goring kebo siji (segalama macam, jeroan, danging dan mata satu biji), beberapa jenis makanan selamatan dan rujak crobo. Seluruh makanan ini dimasukan ke dalam takir ponthang dengan lima macam jarum dari emas hingga tembaga. Takir ponthang adalah wadah dari daun pisang yang dirangkap dengan janur kuning (daun kelapa muda yang berwarna kuning). Maksud dari hantaran sajian ini untuk memohon doa restu dari para sanak keluarga untuk keselamatan calon ibu dan anak yang berada dalam kandungan.
 
o       Pada bulan keenam hanya dibuat satu macam sajian yang disebut apem kocor,
yaitu tepung beras yang diberi sedikit ragi dan dibuat bersama santan dan juruh.

o       Pada bulan Ketujuh diadakan upacara tingkeban atau mitoni, yang biasanya dilaksanakan pada hari Rabu atau Sabtu dengan tanggal ganjil sebelum tanggal 15 dari satu bulan. Upacara dipimpi oleh dukun bayi. Tempat pelaksanaannya dirumah orang tua maupun rumah sendiri. Sesaji untuk upacara tingkeban adalah sega jangan, jajan pasar, empat macam jenang (jenang abang, putih, baro- baru jenang procor) sega garing, kedelai, kacang dan wijen yang digoreng sangan lalu digongseng. Selain itu,juga dihidangkan emping ketan, tumpeng robyog,penyon, sampora, dan prig sodhapus.

o       Bulan kedelapan dibuat selamatan sederhana yang terdiri atas:
 1. Bolus angrem, yaitu kue klepon tertutup serabi putih, dengan letak tengkurap sebagai lambang kura-kura (binatang yang paling panjang usianya) yang ditengah mengerami telurnya.
           2. Kue klepon terbuat dari tepung ketan berbentuk bulat-bulat kecil
yang diberi warna hijau dari daun kata berisi gula kelapa.
o       Selamatan terakhir diadakan pada bulan kesembilan, dengan membuat jenang procot, yaitu bubur beras yang dimasak dengan santan manis, setengah matang dan diberi pisang utuh yang telah dibuang kulitnya. Setelah dimasak bubur ini ditempatkan dalam takhir (wadah dari daun pisang). Maksud selamatan jenang procotadlah agar sibayi lahir dengan mudah (mrocot). Selain itu, selamatan pada bulan terakhir kehamilan ini juga dimaksudkan untuk menghormati saudara- saudara si bayi yang blum lahir, yaitu air kawah (ketuban) dan ari-ari (tembuni atau plasenta), yang menurut kepercayaan jawa adalah teman si bayi.

Jika usia kandungan sudah mendekati bulan kesepuluh namun si bayi belum juga lahir, dibuatlah selamatan berupa dhawet plencing, yang harus dijual oleh calon ibu, sedangkan pembelinya adalah anak-anak, dengan uang dari pecahan genting (dhuwit wingka). Anak-anak yang sudah membeli dhawet itu harus segera meminumnya sampai habis dan segera lari meninggalkan tempat itu(mlayu mlencing). Dengan selamatan ini diharapkan agar si bayi segera lahir secepat anak yang lari setelah minum dhawet.
  1. Mitos-mitos dan Fakta Budaya Jawa seputar masa Kehamilan, Persalinan dan Nifas

          Mitos-mitos Kebudayaan Jawa mengenai Kehamilan berupa:
1.  Minum air kelapa dapat mempercepat persalinan. Belum ada penelitan yang membuktikan mitos ini karena lancarnya persalinan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Namun air kelapa muda memang berkhasiat untuk menjadikan air ketuban putih dan bersih.
2.  Leher ibu hamil yang menghitam atau puting yang berwarna gelap menandakan bayinya laki-laki .Perubahan warna pada leher atau puting tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi. Perubahan warna kulit pada ibu hamil diakibatkan peningkatan progesteron dan melanost(hormon yang mengatur pigmentsi kulit). Karena itu puting susu yang menghitam biasa terjadi pada kehamilan, baik pada ibu hamil yang mengandung bayi laki-laki atau perempuan. Selain perubahan warna kulit dan puting susu, ibu hamil juga memiliki guratan kehitaman di perut dan garis hitam dari pusar ke bagianpugbis. Namun gejala ini akan menghilang setelah melahirkan
3.  Minum susu kedelai atau makanan yang terbuat dari kacang kedelai akan membuat bayi berkulit putih. Minum susu kedelai ataupun makan makanan yang terbuat dari kacang kedelai tidak berpengaruh pada warna kulit bayi. Warna kulit bayi diturunkan secara genetis dari orang tuanya.
4.  Minum es menyebabkan janin tumbuh besar. Minum es selama kehamilan tidak akan menyebabkan janin menjadi besar, kecuali jika ibu hamil minum es yang ditambah sirup, madu, atau gula secara berlebihan. Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam gula inilah yang menyebabkan bayi memiliki berat di atas normal.
5.  Ibu hamil tidak boleh makan pisang, nanas, dan mentimun. Mitos ini sangat dipercaya oleh sebagian masyarakat di jawa karena bisa mengakibatkan keputihan. Bahkan mereka percaya bahwa nanas bisa menyebabkan keguguran. Konsumsi pisang, nanas, dan mentimun justru disarankan karena kaya akan viatamin C dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan melancarkan proses pembuangan sisa-sisa pencernaan.
6.  Minum air kelapa hijau menyuburkan rambut bayi. Minum air kelapa hijau tidak berkaitan dengan rambut bayi. Namun air kelapa hijau memang menyehatkan karena mengandungelektrolit, sehingga siapa saja termasuk ibu hamil, boleh meminum air kelapa hijau agar tetap bugar
7.  Mengurut perut ibu hamil. Mitos ini banyak dipercaya di masayarakat. Padahal mengurut perut ibu hamil dapat meningkatkan resikot terjadinya keguguran dan gangguan janin, yaitu janin mengalami stress atau tekanan. Jika janin mengalami stress atau tekanan, pertumbuhannya dapat terganggu.
8.  Saat hamil jangan mengangkat jemuran dan jangan melakukan gerakan mengangkat. Konon jika ini dilakukan, tali pusatnya akan membelit di leher bayi. Fakta Yang benar, mengangkat barang-barang berat tentu saja tak dianjurkan bagi ibu hamil. Dikhawatirkan jika ia terlalu lelah, akan mempengaruhi janin dalam perutnya. Tapi bukan sampai tali pusatnya akan membelit di leher bayi.
9.  Minum rebusan kacang hijau agar rambut bayi lebat. Ini bukan mitos, karena kandungan protein pada kacang hijau memang cukup tinggi, dan protein diperlukan untuk pertumbuhan rambut.
10. Ibu hamil dan suaminya dilarang membunuh binatang. Sebab, jika itu dilakukan, bisa menimbulkan cacat pada janin sesuai dengan perbuatannya itu. Faktanya Tentu saja tak demikian. Cacat janin disebabkan oleh kesalahan/kekurangan gizi, penyakit, keturunan atau pengaruh radiasi. Sedangkan gugurnya janin paling banyak disebabkan karena penyakit, gerakan ekstrem yang dilakukan oleh ibu (misal benturan) dan karena psikologis (misalnya shock, stres, pingsan). Tapi, yang perlu diingat membunuh atau menganiaya binatang adalah perbuatan yang tak benar.
11. Membawa gunting kecil / pisau / benda tajam lainnya di kantung baju si Ibu agar janin terhindar dari marabahaya. Faktanya hal ini justru lebih membahayakan apabila benda tajam itu melukai si Ibu.

12. Ibu hamil tidak boleh benci terhadap seseorang secara berlebihan, nanti anaknya jadi mirip seperti orang yang dibenci tersebut. Faktanya Jelas ini bertujuan supaya Ibu yang sedang hamil dapat menjaga batinnya agar tidak membenci seseorang berlebihan.
13. Ibu hamil tidak boleh makan pisang yang dempet, nanti anaknya jadi kembar siam. Faktanya Secara medis-biologis, lahirnya anak kembar dempet atau kembar siam tidak dipengaruhi oleh makanan pisang dempet yang dimakan oleh ibu hamil.
14. Amit-amit” adalah ungkapan yang harus diucapkan orang hamil ketika melihat peristiwa yang menjijikkan, mengerikan, mengecewakan dan sebagainya dengan harapan janin terhindar dari kejadian tersebut. Faktanya Secara psikologis, perilaku tersebut justru dapat berujung pada ketakutan yang tidak bermanfaat.
15. Pusar ditindih koin agar tidak bodong. Fakta Secara ilmiah memang ada betulnya. Koin itu hanya alat untuk menekan, karena jendela rongga perut ke pusar belum menutup sempurna, jadi menonjol (bodong).
16. Dengan mengoleskan air embun di lutut bayi setiap pagi maka ia akan cepat bisa berjalan. Fakta Secara medis biologis, bayi bisa berjalan bila tulang dan otot-otot betis dan pahanya telah tumbuh kuat. Kekuatan ini ditentukan oleh faktor genetika dan nutrisi. Faktor nutrisi yang terpenting adalah kalsium, energi dan protein. Air embun jelas tidak mengandung unsur tersebut
17. Ari-ari sibayi harus dicuci bersih dan dikubur. Fakta hal ini tidak ada hubungannya dengan kondisi bayi yang telah dilahirkan.

C. Promosi dan Penyuluhan Kesehatan
Dalam menghadapi budaya-budaya ini baik budaya Jawa maupun budaya lainnya. Kita harus mengadakan adanya suatu promosi kesehatan, salah satunya berupa penyuluhan. Yang kita beri penyuluahn ini adalah mitos-mitos yang merugikan sedangkan yang mitos yang baik kita beri bimbingan lagi agar ketidak adanya kesimpangsiuran dalam mengartikannya.

Terdapat lima pendekatan dalam suatu promosi kesehatan, yaitu:
1. Pendekatan medik
2. Pendekatan perubahan perilaku
3. Pendekatan edukasional
4. Pendekatan berpusat pada klien
5. Pendekatan perubahan sosietal
Penyuluhan kesehatan adalah suatu kegiatan pendidikan kesehatan, yang dilakukan dengan menyebarkan pesan, menanamkan keyakinan, sehingga masyarakat tidak saja sadar, tahu dan mengerti, tetapi juga mau dan bisa melakukan suatu anjuran yang ada hubungan dengan kesehatan. Dengan pengertian seperti ini maka petugas penyuluhan kesehatan, disamping harus menguasai ilmu komunikasi juga harus pemahaman yang lengkap tentang pesan yang disampaikan

 
sumber : www.scribd.com

2 komentar:

  1. Terima kasih atas informasinya. Membuka cakrawala kita ttg bagaimana menyikapi mitos kehamilan scr logis

    BalasHapus
  2. Betway Casino & Resort Launches in Arizona - KTNV
    Betway Casino & Resort is pleased to announce 강원도 출장마사지 that the 천안 출장마사지 Betway Casino 서산 출장안마 & Resort 포항 출장마사지 is now the official online sports betting partner of 상주 출장안마 the NFL.

    BalasHapus